Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Siswa Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya

Yustina Sihol Marito Primaria Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Natalina Purba (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Muktar Panjaitan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnyah hasil belajar subtema pentingnya udara bersih bagi kesehatan siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Hal ini terlihat jelas dari hasil belajar isiwa masih tergolong rendah atau masih dibawah standar kriteria ketuntasan minimal dikarenakan model pembelajaran selama ini yang dipakai guru sangat monoton dan tidak menarik perhatian siswa sehingga mengakibatkan peserta didik mudah bosan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode The One group Pretest-Posttest Design dengan melibatkan variabel bebas yaitu model pembelajaran discovery learning dan variabel terikat hasil belajar siswa kelas V Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan non-parametrik uji Smirnoff menggunakan SPSS 24 dapat disimpulkan bahwa nilai sign 0,000 yang berarti data kurang dari alpha (0,05) adalah Ha diterima, dan dari hasiluji hipotesis 5,905>2,045 sehingga diketahui ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...