Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 091488 Bah Sampuran

Erwin Junus Siagian (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Lisbet N. Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Heddy Sitio (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini melihat bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV dan keterampilan komunikasi terhubung. Hal ini dicapai melalui penelitian korelasional, atau kuantitatif, yang menggunakan “sampel purposive”. Tiga puluh siswa dipilih secara acak untuk proses ini. Studi perguruan tinggi ini menguji hubungan antara motivasi siswa dan keterampilan komunikasi guru. Hal ini terlihat pada data yang dikumpulkan melalui angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengungkapkan bahwa ada korelasi antara kedua faktor ini. Hal ini didukung oleh hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa uji F tabel menghasilkan skor sebesar 6,415. Selain itu, dapat dilihat dari data ini bahwa tabel F menghasilkan nilai 28 ketika 4,020 diinput. Analisis data membuktikan bahwa 4.020 lebih unggul dari 6.415, yang ditunjukkan oleh hasil F hitung. Ini berarti H1 adalah jawaban yang benar dan H0 salah. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan komunikasi guru yang efektif berkorelasi dengan motivasi yang lebih tinggi pada siswa kelas IV Sampuran Negeri SD 091488 BahSampuran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...