Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul T.A 2022/2023

Rianto Nainggolan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Emelda Thesalonika (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Sotarduga Sihombing (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Sub Tema 3 Menyayangi Tumbuhan Di Kelas III SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III A dan III B SD Negeri 102068 T.A 2022/2023 sebanyak 30 siswa di Kelas Eksperimen dan 30 Siswa di Kelas Kontrol. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa di Kelas Eksperimen dan 30 siswa di Kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Pretest dan Posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukan bahwa: Adanya pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan sub tema 3 Menyayangi Tumbuhan di kelas III SD Negeri 102068 Kampung Dame Kecamatan Dolok Masihul. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 ? 0,05, Dimana Ho Ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Think Pair Share dengan peningkatan hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan model Think Pair Share.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...