Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 8, No 2 (2022): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Penerapan strategi inquiri terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP

Alzet Rama (Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Ambiyar Ambiyar (Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Fadhilah Fadhilah (Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)
Andri Dermawan (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan, dan siswa kelas VIII kurang aktif dalam pembelajaran serta kurang semangat dalam belajar IPA. Untuk itu diperlukan strategi yang membutuhkan siswa untuk menemukan sesuatu, memecahkan masalah, dan melibatkan siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi inquiri.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi inquiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP N 2 Kota Solok.Penelitian erbentuk kuantitatif quasy experiment. Populasi penelitian siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Solok, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berbentuk tes tertulis. Alat pengumpul data adalah lembar soal dan lembar jawaban tes berbentuk obyektif sebanyak 40 butir soal. Jenis data berupa hasil belajar siswa. Sumber datanya adalah siswa. Data diolah dengan menggunakan t-test.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan didapatkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas VIII3 sebagai  kontrol. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata nilai 82,42 pada kelas eksperimen dan 74,67 pada kelas kontrol. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung  4,49 sedangkan ttable 2,00 pada taraf kepercayaan 0,05, sehingga thitung>ttable. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan staregi inquiri dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...