NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 10 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE DALAM IKLAN MARJAN TAHUN 2022

Putri Sekar Diani (Universitas Ahmad Dahlan)
Arif Ardy Wibowo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk mayoritas agama Islam, setiap tahunnya masyarakat beragama Islam merayakan bulan Ramadhan. Bukan hanya pada kebutuhan sandang serta pangan, namun juga dalam hal meningkatnya media. Iklan menjadi salah satu wadah menaruh pesan yang dapat dilihat banyak orang. Iklan pada periode bulan Ramadhan ini diklaim menjadi iklan Ramadhan karena disiarkan menjelang dan selama bulan Ramadhan tiba. Salah satunya, iklan sirup Marjan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis iklan Marjan tahun 2022. metode yang digunakan yakni mengunakan  pendekatan  kualitatif. Hasil penelitian menggunakan semiotika John Fiske  yang berisi analisis terhadap level realitas yang menjelaskan penampilan model, level representasi menjelaskan teknik dalam pengambilan gambar, pencahayaan serta musik , dan level ideologi menjelaskan konflik dan alur cerita yang terdapat pada video iklan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...