Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Hubungan Self Concept dengan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTsN 8 Agam Tahun Pelajaran 2021/2022

Laura Aulia (UIN Bukittinggi)
Aniswita Aniswita (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Isnaniah Isnaniah (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Risnawita Risnawita (Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran dan menjadi modal utama dalam menyelesaikan pembelajaran matematika. Self concept merupakan salah satu faktor intern dan juga suatu fondasi sangat penting untuk keberhasilan seseorang. Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa cenderung diduga ada hubungan dengan self concept siswa. Hal ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara di MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2021/2022. Tujuannya untuk mengetahui hubungan self concept dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN 8 Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 8 Agam yang berjumlah 93 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner self concept dan tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk menguji kesignifikanan hubungan self concept dengan kemampuan pemahaman konsep matematika. Hal tersebut menunjukkan adanya hubungan signifikan antara self concept dengan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN 8 Agam tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...