Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Muatan Ipa Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sekolah Dasar Negeri 25/Viii Bungo Tanjung Kabupaten Tebo

Yulia Darniyanti (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang lemahnya pemahaman peserta didik kelas V pada proses pembelajaran IPA, disebabkan kurangnya sumber belajar untuk mata pelajaran IPA serta bahan ajar yang digunakan dalam belajar tidak menarik. LKPD yang digunakan sebelumnya hanya berupa lembaran kertas yang berisi soal-soal latihan saja. Soal latihan tersebut hanya bisa digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik, sehingga belum mampu untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Maka perlunya pengembangan bahan ajar yang dapat menunjang peserta didik dalam proses pembelajaran khususnya bahan ajar berupa LKPD. Model yang digunakan pada tahap ini yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis (analisis): Analisis kurikulum, analisis kebutuhan (kebutuhan pendidik dan peserta didik), analisis karakterististik peserta didik. Design (perancangan): a. Rancangan LKPD bermuatan IPA, b. Rancangan pelaksanaan instrument. Development (pengembangan): Uji Validasi. Implementation (implementasi): Uji praktikalitas dan uji efektifitas. Evaluation (evalusi): temuan, solusi dari ADDI. Instrument penilaian berupa lembar validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Instrument penilaian ini dilakukan oleh tiga validator, validator isi/materi, validator bahasa, dan validator konstruk/media, kemudian lembar praktikalitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...