Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Perkembangan Filsafat Ilmu dan Relevansinya terhadap Filsafat Islam sebagai Materi Ajar di Perguruan Tinggi

Ariyanti Rahayu (Universitas Riau)
Hasnah Faizah (Universitas Riau)
Auzar Auzar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Menjelaskan perkembangan dan hubungan filsafat ilmu dengan filsafat islam merupakan tujuan dalam penulisan artikel ini. Metode yang digunakan deskriptif kualitati dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka (Library Reseach) untuk menemukan tujuan. Hasil penelitian disimpulkan perkembangan filsafat ilmu tidak terlepas dari sejarah ilmu itu berkembang yang merupakan landasan yang utama perkembangan ilmu, yang dalam filsafat ilmu yang mengandung (ontologi, epistemologi, dan aksiologi). Perkembangan Filsafat Ilmu membawa manusia menuju pengetahuan yang sebenarnya. Manusia memerlukan sebuah pengetahuan yang berlandaskan pada ajaran-ajaran yang dianggap paling benar. Filsafat islam yang berlandaskan pada ajaran agama Islam sangat mengutamakan wahyu/ilham dari Allah, semua hal yang asalnya dari Allah dalam pandangan agama islam merupakan sebuah kebenaran yang mutlak. filsafat ilmu hanya sebagai pembuka dan seluruh teori yang dikaji sebenarnya sudah ada didalam Al-Qur’an. sejarah perkembangan filsafat ilmu dan filsafat islam dapat berkolaborasi menciptakan ilmu pengetahuan baru yang berlandaskan pada kebenaran yang hakiki.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...