Kebutuhan sosial dan harga diri dikalangan remaja merupakan hal yang urgent untuk dipenuhi. Jika kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka akan berpengaruh terhadap interaksi dengan teman sebaya seperti, siswa tidak bergaul, siswa menjadi malu bertanya kepada guru padahal belum memahami materi, siswa enggan mengeluarkan pendapat maupun ide saat guru bertanya, dan siswa tidak memiliki motivasi belajar serta memperbaiki prestsinya. Penelitian ini diberi judul “Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Peningkatan Social Needs Dan Esteem Needs Siswa Dengan Teman Sebaya”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap peningkatan social needs dan esteem needs siswa dengan teman sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitin ini berjumlah 38 siswa yang memiliki social needs dan esteem needs dengan kategori rendah. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui skala social needs dan esteem needs. Selanjutnya dianalisis menggunakan rumus Pearson Correlation. Hasil perhitungan koefisien determinasi layanan bimbingan klasikal berpengaruh 70% pada peningkatan social needs siswa dengan teman sebayanya, sedangkan pada esteem needs bimbingan klasikal berpengaruh sebanyak 65%. Jadi layanan bimbingan klasikal berpengaruh dalam meningkatkan social needs dan esteem needs siswa dengan teman sebaya secara signifikan. Kata Kunci: bimbingan,klasikal, social, esteem
Copyrights © 2022