Pendahuluan. Servis atas merupakan pelaksanaan servis yang cukup sulit untuk dilakukan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran hal ini membuat seorang guru perlu memiliki cara khusus dalam membantu siswa untuk bisa melakukan servis atas. Metode. Teknik penelitian yang digunakan dengan penelitian tindakan kelas 2 siklus. Hasil. Hasil awal yang didapat dari bahan prasiklus hanya 18,2% siswa dari 22 siswa, siklus I 59,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Temuan hasil penelitian model reciprocal meningkatkan presentasi hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran Bolavoli. Kesimpulan. Model pembelajaran reciprocal teaching dapat menumbuhkan keberanian siswa di kelas agar lebih aktif dalam berbicara dan berpendapat sehingga dalam pembelajaran lebih mudah dipahami. Pendidikan jasmani pada kelas XI seorang guru harus lebih mempertimbangkan model pembelajaran reciprocal secara penemuan penelitian di lapangan teruji mampu meningkatkan hasil belajar servis atas pembelajaran Bolavoli.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022