Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pandangan Filsafat Konstruktivisme terhadap Konsep “Merdeka Belajar”

Nevi Novalita (Universitas Negeri Padang)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman program kebijakan Kemendikbud mengenai "Merdeka Belajar" terhadap pandangan filsafat Konstruktivisme. Konstrutivisme merupakan anggapan bahwa pengetahuan merupakan konstruksi untuk diri sendiri, maksudnya ialah manusia menata pengetahuannya melalui interaksi dengan suatu objek, fenomena, pengalaman, dan lingkungan. Filsafat Konstruktivisme ini relevan dengan program yang diluncurkan oleh bapak Menteri Nadiem Makarim yaitu Merdeka Belajar yang mana di dalam Pendidikan menekankan aspek kebebasan, kemandirian, dan Lembaga Pendidikan menyesuaikan dalam memahami kompetensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah informan kunci atau bisa dikatakan orang yang memiliki informasi terkait topik penelitian, objek penelitian ini adalah artikel yang membahas tentang pandangan filsafat Konstruktivisme terhadap konsep merdeka belajar. Pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber-sumber dari buku maupun jurnal yang relevan dengan judul penelitian. Analisa data yang digunakan adalah teori dari Miles dan Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...