Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bertema Ekologi untuk Kelas X SMA Berbasis Kearifan Lokal Banyuwangi

Annisa Rahmawati (Universitas Jember)
Arju Mutiah (Universitas Jember)
Ahmad Syukron (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penggunaan teks eksposisi bermuatan ekologi dengan basis kearifan lokal diperlukan untuk membangun kesadaran siswa, khususnya pada jenjang SMA/SMK. Upaya membangun kesadaran lingkungan ini penting untuk menumbuhkan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan masyarakat. Berkenaan dengan hal tersebut, perlu disajikan bahan ajar menulis yang mengoolaborasikan teks dengan isu ekologi berbasis kearifan lokal sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, validitas, dan respon siswa terhadap bahan ajar menulis teks eksposisi dengan tema ekologi dalam lingkup kearifan lokal Banyuwangi yang merupakan salah satu daerah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan & Semmel yang dimodifikasi sampai pada tahap ujicoba. Validasi melibatkan 4 orang ahli. Hasilnya menunjukkan bahwa validitas bahan ajar menulis teks eksposisi bertema ekologi berbasis kearifan lokal Banyuwangi untuk kelas X SMA ini mencapai 93%. Artinya, bahan ajar tersebut dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan. Sementara itu, respon siswa menunjukkan persentase hingga 88% yang artinya bahan ajar tersebut juga sangat layak untuk diterapkan di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...