Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Hubungan antara Keaktifan Belajar Siswa dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Elizabeth Meiske Maythy Lasut (Universitas Klabat)
Astri Belantik Patty (Universitas Klabat)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keaktifan belajar selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan korelatif, digunakan untuk menjawab rumusan masalah tentang tingkat keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa, serta untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan di antara variabel yang diteliti tersebut. Peneliti menggunakan kuesioner tentang keaktifan belajar siswa yang diadaptasi dari Sardiman (2011) dan mendistribusikan kuesioner tersebut kepada 70 siswa kelas VII SMP Advent Airmadidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keaktifan belajar selama pembelajaran memiliki nilai rerata = 3.21, yang berarti keaktifan belajar siswa berada pada tingkat cukup, selama pembelajaran berlangsung, (2) tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dengan nilai rerata = 90.57, yang berarti prestasi belajar siswa sangat baik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, dan (3) nilai signifikansi p = .312 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan belajar selama pembelajaran dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...