Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Studi Literature Riview Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme di Sekolah Menegah Kejuruan

Hadid Putri B. Zurna (Universitas Negeri Padang)
Alyya Riska Ramadina (Universitas Negeri Padang)
Fatihaturahmi Fatihaturahmi (Universitas Negeri Padang)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang)
Rijal Abdullah (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Teori belajar konstruktivisme adalah sebuah teori yang memberikan kebebasan terhadap manusia yang ingin belajar atau mencari kebutuhannya dengan kemampuan menemukan keinginan atau kebutuhannya tersebut dengan bantuan orang lain, sehingga teori ini memberikan keaktifan terhadap manusia untuk belajar menemukan sendiri kompetensi, pengetahuan, atau teknologi dan hal lain yang diperlukan guna mengembangkan dirinya sendiri. Tujuan dari pembuatan artikel ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengaruh penerapan pembelajar kontruktivisme disekolah menengah kejuruan . Metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini adalah dengan Systematic Literature Review (SLR). Artikel yang diulas didapatkan dari beberapa sumber yaitu, Science Direct, Google Scholar yang membahas mengenaibelajar kontruktivisme. Penelitian diawali dengan pengumpulan kajian pustaka yang berhubungan dengan subjek riset. Setelah dilakukan pengkajian terhadap 8 artikel yang sudah didapatkan, hasil penerapan pembelajar kontruktivisme menunjukkan dapat membangun keterampilan dan kompetensi siswa SMK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...