Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Pada Siswa Kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang

Mardiah Mardiah (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Hamdani Hamdani (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Hery Kresnadi (Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulan menggunakan media kartu. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN 23 Sungai Ambawang tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes membaca. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes membaca. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan, rancangan rencana pembelajaran menggunakan media kartu sudah dalam kategori baik dengan skor 7,17, pelaksanaan pembelajaran mendapat skor 7,22 dan keterampilan membaca permulaan mendapat skor 62,82(belum mencapai KKM). Setelah dilakukan refleksi dengan memperbaiki keterampilan dalam mengelola kelas dan lebih memusatkan perhatian kepada siswa yang nilainya dibawah KKM. Hasil penelitian pada siklus II meningkat dari siklus sebelumnya, rancangan rencana pembelajara mendapat skor 7,30, pelaksanaan pembelajara medapat skor 7,53 dan keterampilan membaca permulaan mendapat skor 65,76 (sudah mencapa KKM). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan keterampilan membaca permulaan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...