Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar kognitif Bahasa Indonesia SMP Swasta Tamora 2 pada materi teks berita dengan desain penelitian “posttest control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Tamora 2 yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model discovery learning sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian posttest. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata hasil belajar posstest kelas esperimen 76,3 dan kelas kontrol yaitu 68,3. Pada uji hipotesis melalui independen sample t-test dengan nilai p=0,002< a=0,05 dengan demikian model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas VII SMP Swasta Tamora 2.
Copyrights © 2022