Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) menjadi materi prasyarat untuk ke tingkatan yang lebih tinggi. Alasan dilakukannya eksplorasi ini adalah untuk membuat suatu teknik pembelajaran/ Hipothetical Learning Trajectory (HLT) SPLDV dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan teknik perbaikan pemeriksaan yang terdiri dari 3 tahap, yaitu persiapan investigasi, rencana eksplorasi, dan pemeriksaan review. Subyek penelitian ini adalah 3 siswa SMPN 3 Lareh Sago Halaban. Ketiga siswa ini mewakili siswa dengan kapasitas tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka kondisi arahan pembelajaran spekulatif (HLT) yang dicobakan menunjukkan adanya strategi pembelajaran SPLDV yang dapat dilakukan dengan pendekatan RME. Demikian pula, strategi pembelajaran SPLDV berbasis RME dimulai dengan mempelajari peluang pertumbuhan dan ide-ide baru yang akan diperkenalkan. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran siswa menerapkan penemuan-penemuan ide materi baru terhadap masalah-masalah nyata yang diberikan. Dengan tujuan agar siswa dapat melibatkan ide materi SPLDV dalam berbagai situasi. Siswa memperoleh pemahaman tentang materi yang mereka atasi peluang pertumbuhan mereka sendiri. Peluang untuk berkembang seperti ini akan memperkuat pemahaman siswa yang mungkin menafsirkan materi SPLDV.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023