Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Penerapan Hybrid Learning di Perguruan Tinggi Indonesia: Literatur Review

Helsa, Yullys (Unknown)
Marasabessy, Rosida (Unknown)
Juandi, Dadang (Unknown)
Turmudi, Turmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menelusuri proses penggunaan hybrid learning di perguruan tinggi di Indonesia serta menelusuri kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancama pembelajaran hybrid learning di perguruan tinggi. Metode untuk mengkaji literatur dilakukan dengan mencari dan mengumpulkan studi pustaka dengan kata kunci “penerapan hybrid leaning di perguruan tinggi”. Pada akhirnya terdapat 19 artikel merupakan literatur. Hasil penelusuran menunjukkan hybrid learning memiliki dampak positif pada proses pembelajaran di perguruan tinggi dan efektif diterapkan di perguruan tinggi. Dampaknya secara simultan dapat meningkatkan hasil belajar siswa seperti motivasi, keterampilan kognitif, keterampilan komunikasi, disiplin, koneksi, representasi matematis dan kemandirian belajar mahasiswa. Selain itu, hybrid learning ini memiliki kekuatan seperti peningkatan fleksibilitas dan pemahaman materi yang lebih baik, kelemahan seperti kesulitan mengatur jadwal belajar dan ketergantungan mahasiswa pada perangkat dan jaringan, peluang seperti mengurangi kesenjangan digital dan penggabungan lebih dari satu model pembelajaran, dan ancaman seperti beban kerja dan adanya kesenjangan antara desain pembelajaran dengan gaya belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan pengambil kebijakan sebagai referensi dalam keputusan penggunaan pembelajaran hybrid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...