Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui Pendekatan Reciprocal Teaching berbantuan Geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dimana pelaksanaannya terdiri dari siklus-siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan pengumpulan data, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Swasta YPAK PTPN III Sei Karang yang berjumlah 36 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII-C SMP Swasta YPAK PTPN III Sei Karang. Sebelum tindakan dilakukan, terlebih dahulu dilakukan tes dan observasi awal untuk mengetahui kemampuan komunikasi awal siswa. Pada siklus I, pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan reciprocal teaching berbantuan geogebra dan kemudian dilakukan tes komunikasi I di pertemuan terakhir, begitu juga untuk siklus II. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan pendekatan reciprocal teaching berbantuan geogebra. Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal pada kriteria sedang sebesar 55,6%, dimana sebanyak 24 siswa (66,7%) telah memiliki kemampuan komunikasi matematis minimal pada kriteria sedang. Nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 57%, dimana penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan komunikasi matematis siswa melalui reciprocal teaching berbantuan geogebra berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-C SMP Swasta YPAK PTPN III Sei Karang T.A 2021/2022.
Copyrights © 2022