Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan

Leny Julia Lingga (Universitas Islam Riau)
Yenda Puspita (STAI Al-Kifayah)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa, Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui penerapan model problem based learning siswa kelas III SD Negari 06 Kerawang Barat. Penelitian ini merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  yang  dilaksanakan  dengan  2  Siklus  yang  terdiri  atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah anak III SD Negari 06 Kerawang Barat, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pemberian  tugas  dalam  kegiatan  inti,  guna  untuk  mendapatkan  informasi  tentang  keaktifan  siswa dalam  mengikuti  proses  belajar  mengajar dan melihat hasil belajar matematika materi pecahan. Hasil belajar matematika materi pecahan dikatakan meningkat hal ini dapat dilihat hasil siklus II terjadi peningkatan sebesar 81,81 %. Kenaikan ini dikarenakan adanya perubahan penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi dan belajar lebih aktif dalam bekerja sama. Serta meningkatkan rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...