Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran IPS SD Kelas Tinggi Materi Kerjasama Indonesia dan Singapura

Mila Lisnadiani Iswanda (Universitas Pendidikan Indonesia)
Putri Indah Pertiwi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran fundamental di Sekolah Dasar untuk mempelajari berbagai ilmu sosial serta kaitan dan pengaruhnya terhadap ilmu lain. Pembelajaran IPS di SD khusus untuk kelas tinggi lebih menekankan pada aspek kognitif dengan tidak merupakan aspek afektif dan psikomotornya. Cooperative learning atau pembelajaran kooperatif dapat dipahami sebagai pembelajaran yang dilaksanakan dengan cara-cara bekerja sama atau berkelompok antarsesama peserta didik. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi literatur ini, dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif pada pelajaran IPS materi kerjasama antara Indonesia dan Singapura. Hasil yang disimpulkan adalah bahwa pembelajaran kooperatif ini layak untuk diaplikasikan karena bisa menambah keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...