Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pelaksanaan Muhadharah Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik di SMP Negeri 2 Panyabungan

Ali Jusri Pohan (STAIN Mandailing Natal)
Meliani Putri Nasution (STAIN Mandailing Natal)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Jenis penelitian dalam jurnal ini adalah penelitian lapangan dan metodenya penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitiannya yaitu guru PAI, peserta didik SMP Negeri 2 Panyabungan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan muhadharah di SMP Negeri 2 Panyabungan dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi pukul 07.00 WIB sampai selesai. Kegiatan muhadharah ini diikuti oleh semua kelas secara bergiliran dimulai dari kelas yang paling senior yaitu IX dan selanjutnya kelas VIII dan VII. Bahasa yang digunakan dalam kegiatan muhadharah yaitu bahasa Indonesia, Arab, dan bahasa Inggris. Upaya guru pembimbing untuk meningkatkan percaya diri peserta didik pada kegiatan muhadharah yaitu mengajak peserta didik untuk berlatih berpidato secara rutin dan mengikut sertakan peserta didik pada setiap perlombaan baik antar kelas atau antar tingkatan maupun di luar sekolah. Kemudian di setiap akhir bulan diadakan kegiatan muhadharah akbar. Peran peserta didik dalam kegiatan muhadharah terbagi menjadi 5 tugas yaitu: bagian dekorasi, MC, tilawah dan saritilawah, pidato/ceramah dan hiburan. Metode muhadharah yang sering di adalah manuskrip dan memoriter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...