Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Peran Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa

Serly Marpaung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nur Azura Tambunan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Kholiah Ulfi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Naldi Hasbullah Batubara (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anil Raihan Daulay (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Putra Dinata Saragi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Bimbingan kelompok memberikan layanan konseling dalam rangka membantu siswa untuk lebih produktif dalam pengembangan dirinya yang dibentuk dalam suasana kelompok. Bimbingan kelompok memudahkan para siswa untuk menyampaikan informasi dikarenakan dalam suasana kelompok siswa dianjurkan untuk menyampaikan pendapatnya. Namun, bagi beberapa siswa tidak sepenuhnya mampu menuangkan pendapatnya di dalam suatu komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi peran bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok bertujuan untuk mengembangkan keahlian siswa agar lebih terampil dalam menyampaikan informasi ataupun pesan melalui prosedur komunikasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...