Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Persepsi Siswa Terhadap Pengelolaan Kelas Efektif oleh Guru Di Sekolah Menengah Atas Jakarta

Mega Jiunistari (Universitas Kristen Indonesia)
Bintang R. Simbolon (Universitas Kristen Indonesia)
Dameria Sinaga (Universitas Kristen Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Studi ini mengkaji persepsi siswa tentang pengelolaan kelas yang efektif oleh guru di sekolah menengah atas. Studi kasus di Jakarta. Karena faktor waktu dan sumber daya, studi ini dibatasi dengan memilih lima sekolah menengah atas di Jakarta, penelitian ini mengadopsi metode penelitian deskriptif survei desain studi di mana kuesioner diri dirancang dan didistribusikan. Sampel penelitian meliputi 367 sampel siswa di sekolah yang dipilih. Data dianalisis menggunakan tabel distribusi frekuensi dengan perhitungan rata-rata, sementara pada akhirnya penelitian ini merekomendasikan bahwa, guru perlu memperlihatkan keterampilan yang berbeda dalam pengelolaan kelas, melalui pelatihan in-services, seminar konferensi dan lainnya. Hak prerogatif sekolah harus disediakan di mana guru dapat mempengaruhi praktik manajemen kelas yang tepat tanpa hambatan. Harus ada umpan balik pada setiap aspek evaluasi guru, ini akan memungkinkan guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam mengelola kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...