Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Using Picture As A Media To Improve Students’ Vocabulary Ability

Nurwanti Nurwanti (Universitas Lakidende Unaaha)
Satri Ayu Ningtias (Universitas Lakidende Unaaha)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kosakata siswa melalui media gambar pada siswa kelas VII SMPN 1 Tongauna. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru dan guru bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Tongauna bertindak sebagai pengamat. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 26 siswa, 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui empat instrumen penelitian: tes kosakata, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil analisis data dibandingkan dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian untuk mengetahui apakah siswa meningkat atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa memahami kosa kata yang dibuktikan dengan fakta bahwa sebagian besar dari mereka mendapat skor standar minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambar sebagai media yang digunakan untuk mengajarkan kosa kata dapat meningkatkan keterampilan kosa kata siswa. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tongauna mencapai target pada siklus II. Artinya, Kosa Kata Siswa yang difokuskan kepada Noun dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar. Data kuantitatif pada observasi awal adalah siswa yang mendapatkan nilai standar ? 70 sebanyak 4 siswa dengan jumlah nilai 1306 atau 15,38%. Pada siklus I terdapat 11 siswa yang mendapat nilai standar ? 70 dengan total nilai 1639 atau 42,30%. Ini berarti, nilai siswa pada siklus I belum memenuhi standar indikator keberhasilan. Kemudian peneliti melanjutkan penelitian pada siklus II untuk memperoleh standar indikator keberhasilan. Pada siklus II terdapat 22 siswa yang memperoleh nilai standar ? 70 dengan jumlah nilai 1921 atau 76,92%. Ini berarti mereka mendapatkan standar indikator keberhasilan. Rentang dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 30,15%. Kemudian pada post test siswa yang memperoleh skor standar ? 70 sebanyak 22 siswa dengan jumlah skor 2104 atau 84,62%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...