Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Teknik Behavior contract untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

Ria Safaria Sadif (Universitas Muhammadiyah Buton)
Kamsia Kamsia (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Disiplin merupakan upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hati seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok teknik Behavior contract untuk Meningkatkan Kedisipllinan siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan eksperimen jenis quasi experiment dengan non equivalent pretest posttest control design dengan menggunakan uji Paired Sampel T Test. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok; kelompok eksperimen dan kelompok control dengan masing-masing berjumlah 12 siswa, cara penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 18 Baubau kelas VIII. Hasil posstest dengan 12 sampel pada kelompok eksperimen menunjukkan 2 siswa (17%) dalam kategori sedang dan 10 siswa (83%) telah memiliki kedisiplinan dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk kelompok control dengan 12 sampel menunjukkan 7 siswa (6%) dalam ketegori rendah dan 5 siswa (42%) dalam kategori sedang. Dari hasil analisis paired sample T test terlihat bahwa hasil pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000< 0,05 atau (p < 0,05), dengan hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan antara pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract efektif meningkatkan kedisiplinan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...