Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat

Zulkifli Toliu (Universitas Negeri Gorontalo)
Arfan Arsyad (Universitas Negeri Gorontalo)
Nina Lamatenggo (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) penetapan standar mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; (2) pemetaan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; (3) penyusunan rencana pemenuhan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; (4) pelaksanaan pemenuhan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat; dan (5) evaluasi / audit mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus, dimana peneliti mendeskripsikan atau mengkontruksi wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah informan (Kepala Sekolah dan Guru yang terlibat dalam TPMPS).Teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui proses: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan : (1) Sistem penjaminan mutu internal di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat sudah diimplementasikan., dimulai dari penetapan standar mutu pendidikan, pemetaan mutu pendidikan, rencana pemenuhan mutu pendidikan, pelaksanaan pemenuhan mutu pendidikan, hingga evaluasi / audit mutu pendidikan dilakukan sebagai tolak ukur sistem penjaminan mutu internal di sekolah. (2) Dalam implementasinya, penetapan standar mutu pendidikan, pemetaan mutu pendidikan, rencana pemenuhan mutu pendidikan, pelaksanaan pemenuhan mutu pendidikan, hingga evaluasi/audit mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Bolangitang Barat telah dilaksanakan sesuai tahapan sesungguhnya yang termuat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah. (3) Dampak dari penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal Pendidikan pada sekolah ini sangatlah positif untuk mutu pendidikan khususnya prestasi akademik dan non akademik serta capaian hasil belajar peserta didik pada umumunya mengalami peningkatan yang signifikan. Kedepannya diharapkan semua stakeholder yang ada di sekolah dapat bekerja sama dengan lebih baik dalam melaksanakan kegiatan peningkatan mutu sekolah ini.Untuk itu disarankan (1) Bagi Dinas Pendidikan, perlu melakukan upaya–upaya berkesinambungan dalam Pengimplementasian sistem penjaminan mutu internal pendidikan di semua sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan, (2) Bagi Kepala Sekolah, Perlu lebih meningkatakn kompetensi diri dalam mengkaji kelemahan dan kelebihan yang ada di sekolah sebagai tolak ukur dalam penetapan mutu sekolah, (3) Bagi peserta didik, diharapkan dapat lebih berperan aktif dalam mendukung tercapainya mutu pendidikan sekolah yang lebih baik, (4) Bagi peneliti lain, disarankan untuk menambah referensi tentang penjaminan mutu internal pendidikan yang di laksanakan di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...