JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia)
Vol 7, No 4 (2022): JPGI

Penerapan paired storytelling terhadap kemampuan literasi sains IPA kelas IV

Siregar, M. Deni (Unknown)
Suastra, I Wayan (Unknown)
Arnyana, Ida Bagus Putu (Unknown)
Partha, I Dewa Putu (Unknown)
Marfuatun, Marfuatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana pengaruh penerapan paired storytelling terhadap kemampuan literasi sains dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas IV MI 1 Hamzanwadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk eksperimen semu. Quasi experiment atau eksperimen semu merupakan pengembangan dari true experimental design. Quasi experiment design ini mempunyai kelas kontrol tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, non tes dan tes, sementara analisis data menggunakan uji t dengan rumus polled. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 80,11 sedangkan nilai kelas kontrol sebesar 69,23. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian, diperoleh thitung sebesar 7,5 dan t tabel sebesar 1,991. Dengan hasil analisis data ini dapat di katakan bahwa penerapan paired storytelling dapat meningkatakan kemampuan literasi sains IPA pada kelas IV MI 1 Hamzanwadi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpgi

Publisher

Subject

Education

Description

JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) ISSN: 2541-3317 (for electronic version) 2541-3163 (for print version). JPGI is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that ...