Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa antara kelas yang diterapkan model experiential learning berbasis etnomatematika dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar MTs Al-Fatah Singkawang, (2) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar, (3) Mengetahui bagaimana minat belajar siswa terhdap pembelajaran matematika dengan menggunakan model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model experiential learning berbasis etnomatematika. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Fatah Singkawang pada siswa kelas VIII. Instumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model experiential learning berbasis etnomatematika dengan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang sisi datar, (2) Aktivitas belajar siswa tergolong aktif sesudah diterapkannya pembelajaran model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Al-Fatah Singkawang, (3) Minat belajar siswa tergolong tinggi jika diterapkannya model experiential learning berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar di MTs Al-Fatah Singkawang.
Copyrights © 2022