JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
Vol 8 No 2 (2022): JUMLAHKU VOL.8 NO.2 2022

SIMULASI PENERAPAN KURIKULUM PARADIGMA BARU PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN MATHEMATICAL MODELLING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR LITERASI

Mira Mayasarokh (STKIP Muhammadiyah Kuningan)
Ita Yusritawati (STKIP Muhammadiyah Kuningan)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Kurikulum Paradigma Baru 2022 adalah salah satu solusi yang ditawarkan Kemendikbudristek kepada satuan pendidikan setelah terjadi Learning Loss di masa Pandemi. Kurikulum sengaja diciptakan fleksibel agar guru bisa mendefinisikan dan mempraktikkan proses pembelajaran sesuai lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektifitas penerapan Kurikulum Paradigma Baru pada pembelajaran matematika anak usia dini melalui mathematical modelling tehadap perkembangan kemampuan dasar literasi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik anak usia dini di TK Tunas Bangsa Desa Kramatmulya. Teknik pengumpulan data dengan tes tulis. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain menggunakan SPSS pada tabel diatas, diperoleh skor rata-rata N-Gain sebesar 0,4933, maka kriteria yang diperoleh yaitu sedang. Hal ini berarti peningkatan kemampuan dasar literasi matematika siswa berada pada kategori sedang. Oleh karena itu, persentase yang diperoleh sebesar 60,33% yang artinya penerapan kurikulum paradigma baru pada pembelajaran matematika anak usia dini melalui mathematical modelling terhadap kemampuan dasar literasi cukup efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jumlahku

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and ...