Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2022): Oktober 2022

Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Klasifikasi Hewan untuk Siswa Sekolah Dasar

I Made Dedy Setiawan (Unknown)
Ryan Pratama Putra (Unknown)
Putu Sugiartawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, peserta didik kurang mampu memahami materi pelajaran tentang klasifikasi hewan. Sementara guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik menggunakan buku ajar dengan metode ceramah, tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang relevan, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sebuah media pembelajaran interaktif yang layak diimplementasikan. Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan model pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian sebanyak 32 orang. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan kuisioner. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji ahli konten diperoleh persentase skor 80,25% dengan kualifikasi baik, hasil uji ahli media dan desain diperoleh persentase skor 88,75% dengan kualifikasi baik, serta hasil uji coba kelompok diperoleh persentase skor 85, 83% dengan kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif tentang klasifikasi hewan dinyatakan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas 3 sekolah dasar.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...