Indonesian Journal of Hospital Administration
VOL 5, NO 2 (2022)

Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Subsidi dan Pasien JKN Non Subsidi Dimensi Reliability dan Responsiveness: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Rajawali Citra

Pratama, Yanasta Yudo (Universitas Gadjah Mada)
Hidayat, Muhammad Syamsu (Universitas Ahmad Dahlan)
Marwati, Tri Ani (Universitas Ahmad Dahlan)
Handayani, Lina (Universitas Ahmad Dahlan)
Adnan, Muhammad Luthfi (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan BPJS adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeriksaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang. Pengukuran tingkat kepuasan pasien dibutuhkan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang diadakan suatu penyelenggara jasa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan kepuasan pasien JKN kelas 3 PBI dan pasien JKN kelas 3 non PBI yang mendapatkan pelayanan kesehatan pada salah satu rumah sakit di Bantul. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional melalui pendekatan Kuantitatif. Data didapatkan dengan menggunakan kuesioner dari responden. Tingkat kepuasan pasien dianalisis menggunakan skor GAP. Hasil skor GAP menunjukkan bahwa pasien JKN PBI memiliki skor GAP terendah pada dimensi reliability yaitu -0,1733. Dari hasil analisis, pasien di salah satu rumah sakit di Bantul secara umum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJHAA

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal of Hospital Administration (IJHAA) is the journal which will publish scientific article about research in health and hospital management. The focus of this journal is in Occupational Health and safety, Financial Management, Health Regulation and Policy, Human Resources Management, ...