Target pelanggan bagi Agen Aqua dan Gas LPG sangatlah penting karena persaingan antar perusahaan sejenis mungkin terjadi dan mengakibatkan hilangnya kepuasan pelanggan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu membangun sistem yang dapat mengelompokkan dan mengetahui tingkat target pelanggan berdasarkan transaksi pembelian agar pihak agen dapat mempertahankan pelanggan yang potensial tersebut dengan cara memberikan memberikan hadiah berupa promo spesial (reward). Hasil penelitian ini ada pengelompokan pelanggan yang mendapatkan reward dan tidak dapat dilihat perbulannya, yaitu pada bulan Januari ada 75 pelanggan mendapatkan reward dan 100 tidak mendapatkan reward, Februari ada 70 pelanggan mendapatkan reward dan 106 tidak mendapatkan reward, Maret ada 80 pelanggan mendapatkan reward dan 96 tidak mendapatkan reward, April ada 35 pelanggan mendapatkan reward dan 141 tidak mendapatkan reward, Mei ada 65 pelanggan yang mendapatkan reward dan 111 tidak yang mendapatkan reward, Juni ada 43 pelanggan yang mendapatkan reward dan 133 tidak mendapatkan reward l, Juli ada 77 pelanggan yang mendapatkan reward dan 99 tidak mendapatkan reward, Agustus ada 48 pelanggan yang mendapatkan reward dan 128 tidak mendapatkan reward, September ada 94 pelanggan mendapatkan reward dan 82 tidak mendapatkan reward, dan Oktober ada 94 pelanggan mendapatkan reward dan 82 tidak mendapatkan reward.Kata Kunci: Clustering, K-Means Clustering, Reward, Davies-Bouldin Index
Copyrights © 2022