Jurnal Sains Sosio Humaniora
Vol. 6 No. 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, Desember 2022

Menciptakan Warga Global melalui Pertukaran Pelajar Internasional: Studi kasus pada siswa sekolah menengah pertama di Jakarta

Asep Rudi Casmana (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)
Adistyana Pitaloka Kusmawati (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)
Firdaus Hadi Santosa (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)
Atik Kurniawati (Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Studi ini berfokus pada memeriksa perkembangan warga global dan bagaimana sekolah mendidik siswa untuk menjadi warga dunia. Lebih khusus lagi, penelitian ini akan berfokus pada budaya atau kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh sekolah dalam mengembangkan sikap dan karakter untuk dapat menjadi warga dunia. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kemudian, wawancara semi terstruktur dengan guru Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah digunakan untuk dapat memperoleh data maksimal tentang budaya sekolah dan Konten pembelajaran yang disampaikan di kelas agar warganya menjadi warga dunia. Untuk dapat menganalisis hasil wawancara, nVivo digunakan untuk dapat menganalisis pernyataan yang dibuat oleh peserta wawancara. Selain itu, analisis isi juga digunakan untuk melihat data dari wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah mengajarkan siswa untuk menjadi warga dunia. Berbagai kegiatan internasional seperti Asian student exchange Program, international food festival, dan teaching political literacy menjadi kegiatan agar mahasiswa dapat menjadi warga dunia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSSH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Sains Sosio Humaniora (JJSH) |E-ISSN: 2580-2305|P-ISSN: 2580-1244|is an open-access published by Research institutions and community service (LPPM), Universitas Jambi, Indonesia. receives research-based and conceptual articles in the fields of humanities and social science which have not been ...