Munculnya wabah COVID-19 di Indonesia mengakibatkan kendala dalam berbagai sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar harus dilaksanakan secara daring. Banyak siswa kelas X TBSM SMK AL-FALAH WINONG yang mengeluhkan tentang pelaksanaan pembelajaran daring, khususnya pada mata pelajaran gambar teknik. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran daring. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran daring adalah model Poject Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui ketuntasan belajar secara klasikal dalam pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran gambar teknik. (2) mengetahui rata-rata nilai siswa dalam pembelajaran daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran gambar teknik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). (3) mengetahui efektivitas pembelajaran secara daring dengan model Project Based Learning (PJBL) pada mata pelajaran gambar teknik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TBSM dan sampel penelitian adalah siswa kelas X TBSM 1 dan X TBSM 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Hasil tes gambar teknik siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal. Berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh nilai z = 1,68 > 1,65 = . Sehingga terbukti bahwa siswa yang tuntas di kelas penelitian lebih dari 75%. Sedangkan untuk menguji ketuntasan belajar secara rata-rata digunakan uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 4,701 > 1,69 = t tabel. Sehingga terbuti bahwa kemampuan tes gambar teknik siswa mencapai ketuntasan belajar secara rata-rata. Kata kunci : Pembelajaran Daring, Model Poject Based Learning (PJBL), Gambar Teknik
Copyrights © 2022