Berajah Journal
Vol. 3 No. 1 (2023): February

PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL

Ega Sriwidianti (Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia)
Benny Dwi Lukitoaji (Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Tujuan artikel untuk menjelaskan peran guru sekolah dasar dalam meningkatkan disiplin siswa pada pembelajaran tatap muka di era new normal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tinjauan literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan kedisiplinan belajar, yaitu bersikap tertib atau disiplin pada waktu tertentu, dan menunjukkan sikap dan perilaku disiplin, yang diwujudkan dengan setia di kelas sampai jam pelajaran, tidak membolos, tertib, tidak ribut di kelas, dll. Guru berperan khusus dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, seperti mengajar dan mendidik siswa untuk mentaati aturan secara verbal dan nonverbal melalui teladan hidup yang disiplin, menjadi panutan dalam kedisiplinan, serta membimbing dan memotivasi siswa untuk menyadari pentingnya belajar. Disiplin untuk berhasil. dalam belajar. Tanpa disiplin belajar, siswa tidak dapat berhasil dalam studinya. Oleh karena itu, orang tua dan guru harus membudayakan dan mengembangkan kedisiplinan sejak dini, agar anak memiliki kebiasaan belajar yang teratur, dan tentunya kita juga berharap mereka dapat meraih hasil yang memuaskan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...