JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya
Vol 7, No 2 (2022): Desember

PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN CUISENAIRE RODS

Rufiana, Intan Sari (Unknown)
Ekayanti, Arta (Unknown)
Munawaroh, Ika Tri (Unknown)
Putri, Fivi Intan Permata (Unknown)
Yuwiarti, Ika (Unknown)
Wulantar, Veny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Cuisenaire Rods untukmenyelesaikan soal dalam worksheet. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 4,5,6 yangsedang mempelajari bilangan bulat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianTindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pembelajaranmenggunakan Cuisenaire rods pada materi bilangan bulat dapat digunakan untukmeningkatkan kemampuan number sense siswa. Meskipun pada awalnya siswa kesulitanuntuk menggunakan media pembelajaran CR, tetapi pada akhirnya siswa mampumenggunakan media kemudian menggunakan hasilnya untuk memahami makna tanda samadengan. Di akhir pertemuan, siswa sudah mampu memaknai tanda sama dengan sebagaisebagai konsep yang merepresentasikan padanan. Hal ini dapat terlaksana karena siswasudah terbiasa menggunakan media Cuisenaire Rods.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

silogisme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. ...