Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Implementasi Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas V SD Negeri Kembaran Tahun Ajaran 2021/2022

Siti Rochmah Fitria (Sebelas Maret University)
Muhamad Chamdani (Unknown)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V; (2)  menganalisis karakter siswa kelas V dalam implementasi bduaya sekolah; (3) menganalisis kendala dan upaya implementasi budaya sekolah pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dengan subjek penelitian siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) implementasi budaya sekolah sudah terlaksana dengan kategori baik; (2)  karakter yang mulai membudaya yaitu religius dan nasionalis dengan karakter yang berkembang yaitu mandiri, gotong royong dan integritas; (3) kendala implementasi budaya sekolah yaitu (a) rendahnya kesadaran siswa dalam mengikuti pembiasaan; (b) kurangnya motivasi dalam melaksanakn budaya sekolah; (c) siswa mudah lupa tentang karakter yang diajarkan guru. Upaya yang telah dilakukan guru dalam mengatasi kendala yaitu (a) menumbuhkan kesadaran siswa akan manfaat kegiatan pembiasaan, (b) memotivasi siswa untuk melaksanakan budaya sekolah, (c) bekerja sama dengan orang tua dalam membentuk karakter siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) implementasi budaya sekolah terlaksana dengan baik, (2) karakter yang terbentuk yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas, (3) terdapat kendala dalam implementasi budaya sekolah dan terdapat upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...