Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Analisis Implementasi Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Siswa Kelas V di MIN 4 Sragen Tahun Ajaran 2021/2022

Melisa Anggun Maharani (Unknown)
Muhamad Chamdani (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) implementasi manajemen kelas, dan (3) menganalisis faktor yang mempengaruhi manajemen kelas dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan metode mixed methods. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V MIN 4 Sragen. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan berada pada kategori sangat layak (81%-100%) sesuai dengan indikator RPP dan pelaksanaan pembelajaran , (2) Implementasi Manajemen Kelas yang telah dilaksnakan berada pada kategori sangat layak layak (81%-100%) sesuai dengan indikator manajemen kelas. dan (3) Implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran berdampak pada siswa yaitu dapat memahami materi pembelajaran dengan baik dan memiliki sikap positif. Namun, terdapat kendala dalam implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran di MIN 4 Sragen dan dioptimalkan dengan upaya yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran dengan baik maka akan berdampak positif terhadap pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...