Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 3 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar SBdP tentang Tari Kreasi Daerah pada Siswa Kelas IV SDN Pasiraman Lor Tahun Ajaran 2021/2022

Diana Roshy (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah penerapan model Quantum Teaching, untuk meningkatkan hasil belajar SBdP tentang tari kreasi daerah, dan untuk mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini: (1) penerapan model Quantum Teaching dilaksanakan dengan langkah: (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan; (2) model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar SBdP tentang tari kreasi daerah; (3) kendala dalam penelitian ini, siswa kurang aktif bertanya dan menganggapi hasil diskusi. Adapun solusinya, memotivasi siswa untuk aktif bertanya dan menanggapi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...