Lambat belajar atau slow learner adalah kondisi dimana siswa mempunyai potensi intelektual sedikit dibawah rata-rata anak seusianya. Dengan kemampuan yang berada dibawah, membuat kemampuan belajar siswa slow learner lebih lambat bila dibandingkan dengan anak seusianya. Kondisi seperti ini membuat siswa lambat belajar (slow learner) memerlukan layanan pendidikan khusus sesuai dengan kebutuhan belajarnya agar potensi yang dimiliki dapat berkembang dengan optimal, sehingga mereka dapat mencapai hasil belajar sesuai dengan capaian kelompok usianya. Penelitian ini membahas mengenai rancangan program pendidikan individual untuk siswa lambat belajar (slow learner) yang dikembangkan dari teori Reddy, diantaranya pemberian motivasi, pemberian perhatian secara individual, mengembangkan kepercayaan diri pada siswa, mengembangkan kebiasaan menyelesaikan tugas dengan baik, serta pengulangan pelajaran. Bila lima hal ini dilakukan oleh guru dan orangtua secara konsisten, maka akan sangat efektif dalam menunjang keberhasilan belajar pada siswa lambat belajar (slow learner). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (literature review) menggunakan buku, jurnal, dan review artikel dari beberapa sumber database seperti Proquest, Google Scholar, dan Pubmed dari tahun 2006-2021.
Copyrights © 2022