Bosowa Journal of Education
Vol 3 No 1 (2022): Bosowa Journal of Education, Desember 2022

Pengaruh Metode Permainan Broken Triangle Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia

Wahyuni Wahyuni (Sekolah Dasar Negeri Maradekaya 2 Makassar)
Asdar Asdar (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Syahriah Madjid (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran keterampilan berbicara Bahasa Indonesia sebelum dan setelah penerapan metode permainan broken triangle, serta pengaruh metode permainan broken triangle terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV di SDN Maradekaya 2 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar sebanyak 40. Melalui penentuan secara acak, terpilih kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar sebelum penerapan metode permainan broken triangle berada pada kategori rendah; (2) Keterampilan berbicara Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Maradekaya 2 Makassar setelah penerapan metode permainan broken triangle berada pada kategori tinggi; dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode permainan broken triangle terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN Maradekaya 2 Makassar This study aims to describe the picture of speaking skills Indonesian before and after the application of the broken triangle game method, as well as the influence of the broken triangle game method on Indonesian speaking skills in grade IV students at SDN Maradekaya 2 Makassar. This type of research is quantitative research with an experimental type of research. The population in this study was all grade IV students of SDN Maradekaya 2 Makassar as many as 40 students. Through random determination, class IV-B is selected as the experimental class and class IV-A as a control class. The data were collected by observation and documentation methods and then analyzed descriptively and inferentially. The results showed that: (1) Speaking skills Indonesian in grade IV students of SDN Maradekaya 2 Makassar before the application of the broken triangle game method were in the low category; (2) Speaking skills Indonesian in grade IV students of SDN Maradekaya 2 Makassar after the application of the broken triangle game method are in the high category; and (3) There is a significant influence of the broken triangle game method on the speaking skills of Indonesian grade IV students at SDN Maradekaya 2 Makassar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...