Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 3 No. 1 (2023): Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2023

Pengaruh Psikologi Pendidikan Terhadap Kualitas Peserta Didik

Fauziah Nasution (UIN Sumatera Utara Medan)
Wardatul Jannah (UIN Sumatera Utara Medan)
Ali Hasnan (UIN Sumatera Utara Medan)
Jihan Nabila Luqiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Konsentrasi ilmu psikologi belajar merupakan ilmu yang memberikan wawasan kepada pendidik dan calon pendidik mengenai siapa anak didik dan bagaimana cara belajarnya. Sasaran utama dari ilmu ini adalah para pendidik.Salah satu faktor keberhasilan dalam pendidikan adalah guru, seyogyanya para guru perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas dan lengkap yang dapat dijadikan sebagai metode dan sarana dalam menjalankan tugasnya sebagai pengajar. Psikologi dan pendidikan merupakan dua buah unsur yang berkaitan dengan masalah jiwa dan aktivitas psikologis seseorang serta kaitannya dengan pendidikan adalah bentuk interaksi disiplin yang cukup penting dalam memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam proses pembelajaran. Dalam menyelami dunia anak, tidak ada jurang ada pemisah antara guru dan siswa. Hendanya guru dapat memahami keadaan mental siswa dan berusaha mencari solusi jika ditemukan masalah dalam pembelajaran, sehingga sepatutnya seorang guru perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah. akumulasi pengetahuan, kebijaksanaan, dan teori kedudukan tertinggi yang harus dimiliki setiap guru untuk secara cerdas menyelesaikan masalah pengajaran sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...