cover
Contact Name
Mesiono
Contact Email
pemajournal@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
pemajournal@gmail.com
Editorial Address
Jl. William Iskandar Pasar V Medan Estate Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Mudabbir: Journal Research and Education Studies
ISSN : -     EISSN : 27748391     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of research or areas of educational thought carried out by researchers, teachers, lecturers, and education students. Detailed information for article loading and article instructions is provided in each issue. This journal is published regularly twice in the period January-June and July-December.
Articles 566 Documents
BLENDED LEARNING DI UIN SUMATERA UTARA MEDAN: HISTORISITAS & PENGEMBANGANNYA DI ERA COVID-19 Muhammad Shaleh Assingkily; Sahlan Sahlan
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.798 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.1

Abstract

Perkembangan IPTEK dan kemajuan zaman, meniscayakan model pembelajaran blended learning pada setiap perguruan tinggi, termasuk UIN Sumatera Utara (UIN-SU) Medan, khususnya lagi di era covid-19. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa aspek historis dan pengembangan blended learning di UIN-SU Medan era covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) program blended learning mulai diberlakukan secara komprehensif di UIN-SU Medan sejak semester ganjil T.A 2019-2020 seiring terbitnya Keputusan Rektor UIN-SU Medan Nomor 153 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan e-Learning di UIN-SU Medan dan Keputusan Rektor UIN-SU Medan tentang Tim Pengembangan e-Learning UIN-SU Medan; dan (2) pengembangan pembelajaran blended learning di era covid-19, dilakukan secara komprehensif dengan sistem e-learning & digital. Hal ini ditandai dengan terbitnya Surat Edaran Nomor: B.06/Un.11.R/B.I.3.c/KS.02/03/2020 tentang Kebijakan Akademik dan Non-Akademik Terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan UIN-SU Medan.
ADMINISTRASI KEUANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM Dedi Sahputra Napitupulu; Azrun Zamil; Siti Alfiyah
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.532 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.2

Abstract

Di antara penyebab tertinggalnya lembaga pendidikan Islam adalah keterbatasan sumber dana untuk pembiayaan operasional, sehingga minimnya dana tersebut berakibat pada sarana prasara yang minim pula dan pada akhirnya akan berakibat pada kualitas lulusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui administrasi keuangan pada lembaga pendidikan Islam, khususnya pada sumber dana, pengalokasian dan kendala yang dihadapi. Dalam konteks penelitian ini mengambil kasus di RA An-Nur Desa Gunting Saga, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber dana RA An-Nur berasal dari BOP (Bantuan Operasional Pendidikan), iuran bulanan, dan bantuan dari bunda PAUD desa. Dana tersebut kemudian dimanfaatkan untuk gaji guru, pengadaan alat permainan edukatif, kegiatan parenting, dan publikasi. Adapun kendala yang dihadapi adalah sering kali dana tersebut tidak cukup dan pihak yayasan mengeluarkan uang pribadi mereka untuk menutupi kekurangannya.
IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI MIN 4 ACEH TENGGARA ERA COVID-19 Sabaruddin Ahmad
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.944 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.3

Abstract

Pengawasan terhadap kinerja manajerial merupakan hal urgen dilakukan seorang pengawas terhadap unit kerjanya (madrasah di bawah pengawasan kerjanya), meskipun di era pandemi covid-19. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan pengaruh supervisi manajerial terhadap peningkatan kinerja guru di MIN 4 Aceh Tenggara era covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan latar kegiatan supervisi manajerial di MIN 4 Aceh Tenggara. Pemerolehan dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan kajian dokumen. Selanjutnya data dianalisa dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan member check dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi manajerial di MIN 4 Aceh Tenggara era covid-19 dikategorikan baik, hal ini ditandai dengan (1) aspek perencanaan, berupa pembuatan instrumen observasi administrasi proses pembelajaran dan instrumen pelaksanaan pembelajaran di kelas; (2) aspek pelaksanaan, berupa kunjungan kelas, penyampaian hasil supervisi dan program tindak lanjut supervisi; dan (3) aspek pengaruh, berupa penciptaan iklim belajar yang kondusif di madrasah.
KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN KEKERASAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL -AFKARI Muhammad Walimsyah Sitorus
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.966 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.4

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu sifat kepribadian mendasar yang menjadi pondasi awal individu untuk peningkatan level diri, namun kepercayaan diri pada anak sering sekali menjadi terganggu akibat dari perlakuan kekerasan yang di dapatnya dari lingkungan sekitar. Kekerasan yang didapatnya ada banyak motifnya baik itu kekerasan verbal maupun non verbal. Jurnal ini bertujuan untuk melalukan konseling individu terhadap peningkatan kepercayaan diri pada anak madrasah ibtidaiyah Al-Afkari.
UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI RA BABUSSALAM T.A 2019/2020 Junaida Junaida; Miftahul Zannah
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1057.404 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Bagaimana Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak sebelum Menggunakan Media Audio Visual di RA Babussalam. 2) Mengetahui Bagaimana Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Sesudah Menggunakan Media Audio Visual di RA Babussalam. 3) Mengetahui Apakah Ada Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Audio Visual di RA Babussalam. Untuk mencapai tujuan terebut, penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek Penelitian ini adalah Anak Usia 5-6 Tahun di RA Babussalam dengan jumlah 20 anak. Instrumen mengumpulkan data penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis deskriptif komperatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan kosa kata bahasa inggris anak meningkat setelah adanya tindakan menggunakan media audio visual. Pada saat dilakukan observasi pra siklus, persentase penguasaan kosa kata bahasa inggris anak 20%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 55% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 85%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga penguasaan kosa kata bahasa inggris anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup.
MULTIKULTURALISME DAN PLURALISME DALAM PEMBELAJARAN PKN (PENGAMALAN SILA KETIGA DALAM PANCASILA) Ekalias Noka Sitepu
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.723 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.6

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan materi ajar yang mengandung nilai-nilai luhur di dalamnya, sebagai upaya membentuk karakter anak bangsa. Berbagai sikap dan kepribadian anak bangsa diajarkan dalam materi PKn, termasuk kajian tentang multikulturalisme dan pluralisme di Indonesia. Tulisan ini berupaya mengkaji penanaman sikap plural dan pemahaman aspek multikultural pada anak melalui pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Adapun rujukan utama dalam analisa dan uji keabsahan data penelitian ini menggunakan bahan referensi, meliputi buku, tugas akhir, artikel ilmiah dan artikel prosiding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman sikap plural dan multikultural bagi anak bangsa dapat diperoleh melalui pembelajaran PKn, hal ini ditandai dengan (1) tripusat pendidikan kewarganegaraan (PKn), dan (2) pengamalan nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam Pancasila. Melalui penelitian ini, diharapkan anak dapat memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pembelajaran PKn, termasuk pengamalan sikap multikultural dan plural.
RANCANGAN PROGRAM PELAYANAN KONSELING BERBASIS PENYEBAB PERMASALAHAN BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 20 SIJUNJUNG Arpis Sandano; Wira Solina; Suryadi Suryadi
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.368 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang memiliki hasil belajar rendah, lambat dalam memahami pelajaran, keluar masuk kelas. Tujuan penelitian ini adalah 1). mendeskripsikan penyebab permasalahan belajar pesera didik, 2). merancang program pelayanan konseling berbasis penyebab permasalahan belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 38 peserta didik dan sampel penelitian ini sebanyak 38 peserta didik diambil dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Penyebab permasalahan belajar peserta didik berada pada kategori rendah. 2). Rancangan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan yaitu layanan konseling individual dan layanan kolaborasi. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar melakukan layanan bimbingan dan konseling terutama melaksanakan layanan konseling individual dan layanan kolaborasi yang dapat mengatasi penyebab permasalahan belajar yang dihadapi peserta didik serta bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik.
PROFIL PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DI KELAS VII MTS.SUBULUSSALAM SAYUR MAINCAT KECAMATAN KOTANOPAN KABUPATEN MANDAILING NATAL SUMATERA UTARA Diana Nurhaliza; Ahmad Zaini; Mori Dianto
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.604 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.8

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang pengetahuannya masih kurang dan sulit dalam menganalisis. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan kognitif peserta didik dilihat dari 1) kematangan, 2) pengalaman 3) transmisi sosial dan 4) ekuilibrasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 104 peserta didik. Untuk penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 51 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Hasil penelitian tentang Profil Perkembangan Kognitif Peserta Didik di MTs. Subullussalam Sayurmaincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal Sumatera Utara secara umum berada pada kategori cukup. Secara khusus perkembangan kognitif peserta didik dilihat dari kematangan berada pada kategori cukup baik, dilihat dari pengalaman berada pada kategori cukup baik, dilihat dari transmisi sosial berada pada kategori baik dan dilihat dari ekuilibrasi juga berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada peserta didik agar meningkatkan perkembangan kognitifnya agar peserta didik memiliki perkembangan kognitif yang baik.
PROFIL PENYESUAIAN SOSIAL MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING STKIP PGRI SUMATERA BARAT (Studi Pada Angkatan 2015) Fakhrul Ramadhan Fatan; Rila Rahma Mulyani; Wira Solina
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.326 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.9

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa program bimbingan dan konseling STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2015 yang sulit terbuka dengan teman-teman di kampus, terdapat beberapa mahasiswa yang mengalami kendala dalam penyesuaian sosial dengan gejala mahasiswa sering melanggar peraturan atau aturan. di kampus, jangan berpartisipasi aktif. dalam kegiatan ekstrakurikuler, tidak menghadiri perkuliahan, sendirian, masuk geng, mencontek, sering main-main, enggan mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil penyesuaian sosial dilihat dari kematangan emosi, 2) Profil penyesuaian sosial dilihat dari keterampilan sosial, 3) Profil penyesuaian sosial dilihat dari kecenderungan menarik perhatian, 4) Profil penyesuaian sosial dilihat dari emosional normalitas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian sebagai berikut adalah: 1) Penyesuaian sosial mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2015 dilihat dari kematangan emosi berada pada kategori cukup baik, 2) Penyesuaian sosial mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2015 dilihat dari keterampilan sosial kategori cukup baik, 3) Penyesuaian penyesuaian sosial siswa bimbingan dan konseling angkatan 2015 dilihat dari kecenderungan berada pada kategori cukup baik, 4) Penyesuaian sosial siswa bimbingan dan konseling angkatan 2015 dilihat dari normalitas emosi berada pada kategori cukup baik. kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2015 untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian sosialnya dengan memanfaatkan beberapa layanan dalam layanan bimbingan dan konseling.
SIKAP IMPLEMENTASI INTEGRASI NASIONAL DITINJAU DARI NILAI – NILAI PANCASILA PADA SISWA/SISWI KELAS X SMA NEGERI 4 KISARAN KABUPATEN ASAHAN Farida Suri; Fortina Verawati Sianturi
MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies Vol. 1 No. 1 (2021): Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2021
Publisher : Perkumpulan Manajer Pendidikan Islam Indonesia (PERMAPENDIS) Prov. Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.851 KB) | DOI: 10.56832/mudabbir.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar sikap Implementasi Integrasi Nasional ditinjau dari nilai – nilai Pancasila pada siswa/siswi kelas X SMA Negeri 4 Kisaran Kabupaten Asahan Metode dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi 224 siswa., yaitu 56 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Hasil dalam penelitian bahwa peran Sikap Implementasi Integrasi Nasional ditinjau dari nilai – nilai Pancasila pada sekolah ini tergolong cukup baik/sedang dengan presentasinya ialah sebanyak 55.34%.

Page 1 of 57 | Total Record : 566