Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol. 5 No. 2 (2022): September

Tri Hita Karana sebagai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pendidikan Karakter

Pasek Suryawan, I Putu (Unknown)
Sutajaya, I Made (Unknown)
Suja, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Pemahaman mengenai pendidikan karakter yang rendah menyebabkan krisis identitas nasional bagi generasi muda. Generasi muda mulai meninggalkan nilai-nilai luhur yang dinjunjung oleh bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Tri Hita Karana sebagai kearifan lokal dalam pendidikan karakter baik untuk siswa maupun masyarakat umum. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review yang dilakukan dengan proses mengidentifikasi, menilai, dan menafsirkan semua bukti penelitian yang tersedia dengan tujuan untuk memberikan jawaban dalam pertanyaan penelitian tertentu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah merangkum, mereview, dan menganalisis 17 artikel dengan lingkup pembahasan Tri Hita Karana sebagai kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Penelusuran artikel-artikel ini dilakukan melalui jurnal online dari Google Schoolar, Research Gate, SINTA, dan DOAJ. Hasil temuan nilai-nilai Tri Hita Karana dalam pendidikan karakter dapat diperhatikan dengan perubahan sikap ataupun karakter yang lebih baik serta dalam masyarakat luas mampu mengetahui lebih mendalam tentang nilai-nilai Tri Hita Karana. Konsep Tri Hita Karana mengajarkan untuk menjaga keharmonisan terhadap sesama, menaati aturan dalam pendidikan, meningkatkan rasa hormat kepada sesama dan orang yang lebih tua, menumbuhkan rasa bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mencintai dan melestarikan alam semesta sebagai indikator karakter yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...