Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Persepsi Guru terhadap Aktivitas Bermain Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD Inklusi se-Jawa Tengah

Diana Diana (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)
Anisa Utamiyanti Tri Rumpoko (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam memberikan aktivitas bermain bagi peserta didiknya. Aktivitas bermain tidak dapat dipisahkan dengan anak usia dini termasuk pada anak kebutuhan khusus. ABK juga memerlukan kegiatan bermain saat di sekolah untuk memberikan stimulasi perkembangannya. Penelitian pendahuluan ini bertujuan untuk menggali informasi terkait persepsi guru terhadap aktivitas bermain bagi ABK di PAUD inklusi. Metode penelitian ini menggunakan survei online melalui google form dengan kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Responden dalam penelitian ini yaitu 123 guru PAUD di Jawa Tengah. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 83,7% lembaga PAUD telah melaksanakan merdeka bermain. Guru memaknai merdeka bermain dengan memberikan aktivitas bermain sesuai dengan minat dan kebutuhan anak. Namun tidak ada perbedaan bagi ABK dan anak pada umumnya. Guna mengoptimalkan kegiatan bermain bagi ABK di PAUD inklusi guru perlu untuk melakukan asesmen awal dan modifikasi serta mengadaptasi aktivitas yang disesuaikan dengan kemampuan anak sehingga anak mendapatkan aktivitas bermain yang tepat untuk meningkatkan kemampuan anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...