Rumusan masalah penelitian ini ialah : Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar ketrampilan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Negeri 3 Rainis?. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar ketrampilan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Negeri 3 Rainis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalahâpre test and post test randomized control group design. Populasi adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Rainis berjumlah 22 orang.  Sampel berjumlah 22 orang yaitu seluruh siswa putra kelas VIII SMP Negeri 3 Rainis. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan servis pendek dalam permainan bulutangkis. Hasil analisis pengujian hipotesa penelitian, diperoleh thitung senilai 10.77 sedangkan t tabel yang diperoleh dari dk n1 + n2-2 =11 +11 - 2 = 20 dengan taraf kepercayaan  adalah t tabel 2.086. Sesuai dengan kriteria pengujian jika t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak yang berarti HA diterima. oleh sebab itu kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan servis pendek dalam permainan bulutangkis antara kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung dan kelompok control yang tidak mendapatkan perlakuan dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa : penerapan model pembelajaran langsung memberi pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis pendek dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Negeri 3 Rainis. Kata Kunci : Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Servis Pendek
Copyrights © 2015