SOSIOLOGI NUSANTARA
Vol 8 No 2 (2022)

INTERAKTIVITAS MASYARAKAT PADA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL BAGI PRODUK LOKAL BENGKULU (Studi Social Media Marketing Pada Produk MEIJISKINCARE)

Lisa Adhrianti (Universitas Bengkulu)
Ananda Ayu Putri (Magister Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Bengkulu)
Mas Agus Firmansyah (Magister Ilmu Komunikasi, FISIP Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Interaktivitas masyarakat dalam konteks komunikasi pemasaran digital saat ini merupakan fenomena menarik untuk diamati. Format digital yang melingkupi kehidupan sosial masyarakat telah banyak merubah berbagai bentuk interaksi bagi berbagai tujuan, terlebih untuk kepentingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi dari kegiatan komunikasi pemasaran digital pada produk lokal Bengkulu (Studi pemasaran media sosial pada produk Meijiskincare) yang akan memberikan gambaran mengenai proses interaksi yang terjadi melalui program digital. Penelitian ini menggunakan paradigm konstruktivis dengan pendekatan studi kasus dengan pemilihan informan berdasarkan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa interaktivitas yang terjadi dalam komunikasi pemasaran digital pada produk lokal meijiskincare dilakukan melalui peran merk ambassador,  influencer serta membagikan konten-konten edukasi pada media sosial dalam memasarkan produk. Terdapat kelemahan dalam pemasaran digital yang dilakukan terkait dengan membangun hubungan dengan komunitas daring, interaksi dalam pelayanan dan pengemasan produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsn

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik, Universitas Bengkulu. Jurnal Sosiologii Nusantara teregistrasi dengan ISSN Print (2460-9099) dan ISSN Online (2622-9617). Jurnal ini menerima artikel ilmiah yang ...