Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 11, No 1 (2022): JURNAL SERUNAI PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII MTs YPP. PROF. DR. H. MOH. HATTA

Rizaldi Syahputra Rangkuti (STKIP Budidaya)
Surya Wibawa (Unknown)
Ismail Ismail (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  berapa besar  pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII MTs YPP. Prof. Dr. H. Moh. Hatta tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran mind mapping, yaitu yang semula berada pada nilai rata-rata 54,4 dengan kategori sangat kurang meningkat menjadi 77,16 dengan kategori cukup. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung ≥ ttabel yaitu 3,69 ≥ 1,67 sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII MTs YPP. Prof. Dr. H. Moh. Hatta tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jg

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

jurnal serunai pancasila dan kewarganegaraan merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam satu tabun yakni bulan februari dan agustus. Penerbitan jurnal ini sebafagai sarana untuk menampung arikel-artikel ilmiah berasal dari penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah ...