Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 4 (2022): October-December

Instrumen Literasi Matematika Model PISA dengan Konteks Budaya Baduy pada Tingkat SMP

Septina Shinta Monica (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamugkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jaenudin Jaenudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masyarakat, tetapi pada kenyataannya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membiasakan siswa untuk mengerjakan soal literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi matematika model PISA dengan menggunakan konteks budaya Baduy yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Tessmer. Tahap pengembangannya terdiri dari preliminary, self evaluation, prototyping yang terdiri dari tahap expert review, one-to-one, dan small group, serta yang terakhir adalah tahap field test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dinyatakan “sangat valid” pada expert review dan skor akhir pada uji lapangan menunjukkan bahwa instrumen “valid” dan “reliabel”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...